2016/07/14

Textual description of firstImageUrl

PIPA AC BERAIR, JANGAN PANIK DULU

Jika anda pernah mengamati pipa ac anda, barangkali anda pernah menemukan jika pipa ac berair pada saat ac beroperasi. Jangan panik dulu dan buru-buru memanggil service ac langganan anda. Tidak semua pipa ac yang berair menandakan adanya kerusakan atau kebocoran pada unit ac anda. Berikut 3 hal penyebab dan alasan pipa ac berair.

PIPA AC BERAIR DIKARENAKAN KONDENSASI

kondensasi

Pipa ac berair dapat saja disebabkan karena terjadinya kondensasi pada area di sekitar pipa. Terlebih lagi pada iklim Indonesia dimana tingkat kelembapan sangat tinggi. Tingkat kelembapan yang tinggi menyebabkan banyaknya uap air di udara yang akan berubah menjadi tetesan air jika berada di sekitar pipa ac.

Kondensasi atau pengembunan sendiri adalah hal yang wajar dan normal. Pada saat kondensasi yang terjadi adalah perubahan wujud uap air di udara menjadi bentuk yang lebih padat berupa butir air. Perubahan wujud uap air ini terjadi dikarenakan suhu di sekitar pipa yang lebih dingin karena proses pendinginan ac tersebut sendiri.

Contoh lain pada peristiwa kondensasi dapat anda lihat pada terbentuknya butir air pada gelas minuman yang berisi es atau air dingin. Juga pada terbentuknya embun pada rumput atau tumbuhan lain pada pagi hari.

PIPA AC BERAIR BEKAS LAPISAN ES YANG TERBENTUK

es pada pipa ac

Pipa ac yang berair juga dapat disebabkan karena bekas lapisan es jika mencair yang  terbentuk pada pipa. Hal ini dapat terlihat hanya jika anda mengamati pipa ac anda pada saat ac anda baru saja dimatikan. Ini adalah pertanda ac anda butuh segera diservice.

Lapisan es tersebut dapat terbentuk dikarenakan unit ac anda mengalami sirkulasi freon yang tidak lancar. Bisa karena ac anda kurang freon, atau terjadi mampet pada kapiler ac.  Pada saat masalah ini terjadi ac akan terasa tidak dingin maksimal atau berkurang dinginnya. Kami sarankan untuk segera memanggil tukang service ac agar kerusakan kompresor dapat dihindari.

PIPA AC BERAIR PADA KEBOCORAN PIPA FREON

freon r32

Pipa ac berair juga dapat disebabkan karena adanya kebocoran pada pipa ac yang anda amati. Hanya saja cairan yang anda lihat bukanlah air, melainkan minyak. Freon yang mengalir keluar dari kebocoran pipa ac berupa minyak dikarenakan bercampur dengan oli pada kompresor.

Hal ini sangat jarang terjadi, namun pada masalah ini kami menyarankan untuk segera memanggil tukang service ac langganan anda. Karena jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada kompresor dan ac tidak dingin.

Jika anda membutuhkan jasa service AC Jakarta Barat, anda dapat menghubungi kami melalui telepon 0819 0582 8683