2015/03/17

Textual description of firstImageUrl

5 CARA AC AWET HEMAT LISTRIK

cara AC awet

Anda tentu menginginkan unit Air Conditioner anda dapat tahan lama. Tentu saja sebuah pemborosan jika AC anda bermasalah setiap bulannya atau anda harus mengganti AC setiap tahunnya. Konsumsi listrik pada AC juga sangat besar dibandingkan alat elektronik lainnya. Ditambah dengan tarif pemakaian listrik yang naik setiap tahun, tentu saja ongkos menggunakan AC menjadi sangat besar.

Pada dasarnya, unit AC didesain untuk dapat bekerja hingga lebih dari 10 tahun. Pastinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan sesuai dengan pedoman penggunaan nya. Berikut tips dari kami tentang cara penggunaan AC agar AC anda tidak cepat bermasalah, awet hingga puluhan tahun dan hemat dalam konsumsi listrik.

1. Sesuaikan kapasitas AC dengan beban ruangan agar kompresor awet

Setiap AC memiliki daya atau PK yang berbeda. Semakin besar ruangan atau semakin besar beban ruangan yang harus didinginkan maka semakin besar pula PK AC yang dibutuhkan. PK AC juga berbanding lurus dengan konsumsi listrik AC tersebut.

Jika PK AC anda terlalu kecil, maka proses pendinginan ruangan akan sangat lama. AC anda akan bekerja terus hingga suhu yang diinginkan tercapai. Kompresor AC yang bekerja terus menerus lama kelamaan akan mengalami overheat, dan pada kasus terparahnya kompresor akan jebol. Dengan kapasitas yang sesuai, AC anda dapat bekerja dengan optimal sehingga kompresor lebih awet dan penggunaan listrik tetap terkontrol.

2. Hemat listrik dengan menghindarkan ruangan ber AC dari sinar matahari langsung

Ruangan yang terpapar oleh sinar matahari langsung akan menambah beban AC dalam mendinginkan ruangan. Anda dapat mengakali hal ini dengan menggunakan cat anti panas pada dinding bagian luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung atau menggunakan sun shade pada jendela dan teras ruangan. Kerja AC anda menjadi lebih ringan dan konsumsi listrik jadi berkurang.

3. Hemat listrik dengan mengatur suhu AC pada remote di 20 - 24 derajat celcius


Kebanyakan orang menyetel suhu AC sampai 16 derajat celcius. Ini adalah sebuah pemborosan dan salah satu hal yang menyebabkan AC tidak awet. Pada kenyataannya suhu 16 derajat celcius sangat sulit tercapai pada iklim di Indonesia, apalagi di siang hari dan ruangan yang sering di buka tutup. Menyetel suhu AC pada 20 -24 derajat celcius masih masuk akal mengingat rata2 suhu di malam hari di Indonesia 25 derajat celcius. Pada malam hari dan dini hari sering beberapa diantara kita mematikan AC karena kedinginan.

4. Agar AC awet pastikan tegangan listrik stabil dan daya listrik cukup

Tegangan listrik yang tidak stabil akan memperpendek umur semua alat elektronik termasuk AC. Pastikan juga daya listrik di rumah anda cukup sehingga tidak terjadi byar-pet saat anda menggunakan AC. Anda dapat menggunakan travo atau stabilizer pada unit AC jika tegangan listrik di rumah anda kurang dari 220 volt.

5. Lakukan perawatan rutin agar AC tidak cepat rusak dan selalu hemat listrik

Cuci AC anda secara rutin minimal 6 bulan sekali. Lakukan juga pengecekan secara keseluruhan saat melakukan pencucian sehingga masalah pada AC dapat diketahui lebih cepat dan tidak sampai berlarut-larut. Anda dapat membayangkan AC yang bermasalah dipaksa untuk bekerja terus menerus, konsumsi listrik akan menjadi sangat besar dan manfaat yang anda dapat juga berkurang.
Jika anda membutuhkan jasa service AC di Jakarta Barat, silahkan hubungi kami di : 

CP : Ergi
Telepon : 0819 0582 8683
Whatsapp : 0819 0582 8683
Line : 52334afc
Alamat : Jl. H. Alimun no 42c Jakarta Barat