2016/06/24

Textual description of firstImageUrl

KULKAS FROZEN PENYEBAB BAGIAN BAWAH KURANG DINGIN

Apakah kulkas 2 pintu anda mendadak tidak dingin atau berkurang dinginnya? Salah satu penyebabnya adalah terjadi frozen atau pembekuan pada evaporator kulkas. Masalah kulkas frozen ini hanya terjadi pada model kulkas 2 pintu atau lebih. Kulkas frozen sebaiknya tidak dibiarkan sampai berlarut-larut karena masalah ini sangat memberatkan kinerja kompresor kulkas sehingga dapat memperpendek umur pemakaian kulkas anda.

PENGERTIAN KULKAS FROZEN


Frozen adalah sebuah istilah terbentuknya lapisan es tebal pada bagian evaporator kulkas. Jika lapisan ini menutupi seluruh atau sebagian besar jalur angin kulkas dapat mengakibatkan kulkas bagian bawah menjadi tidak dingin. Perlu anda ketahui pada model kulkas 2 pintu, bagian bawah kulkas mendapatkan suhu dingin yang ditiupkan oleh kipas pada bagian atas.


KERUSAKAN KOMPONEN YANG MENYEBABKAN KULKAS FROZEN


Sebelum kulkas anda diperbaiki dan diservice, ada baiknya anda mengetahui apa saja komponen kulkas dan fungsinya yang menyebabkan terjadinya frozen sehingga kulkas tidak dingin.

1. Defrost thermostat

Komponen ini biasanya melekat pada bagian evaporator yang paling dingin pada kulkas. Fungsi defrost thermostat adalah sebagai sensor yang mengukur suhu kulkas pada saat heater bekerja. Pada saat suhu kulkas sudah diatas 0 derajat celcius (biasanya pada suhu 5 derajat celcius) defrost thermostat akan memutus aliran listrik ke heater.

2. Heater

Heater berfungsi sebagai pemanas pada bagian freezer untuk mencegah terbentuknya lapisan es yang dapat menutupi jalur angin yang akan ditiupkan oleh kipas kulkas. Ada 2 macam tipe heater yang biasanya digunakan oleh produsen kulkas, yaitu heater berbentuk kaca dan heater berbentuk alumunium.

3. Timer

Alat ini berfungsi untuk mengatur lama pencairan es pada kulkas. Biasanya timer akan berkerja setiap 8 jam sekali dalam mencairkan lapisan es selama 15 menit. Timer memiliki roda gigi kecil yang berputar, roda gigi ini dapat aus akibat gesekan sesama roda gigi juga dapat bergeser akibat goncangan pada kulkas.

4. Fuse

Fuse berfungsi sebagai safety dalam menjaga suhu heater tidak terlalu tinggi yang dapat menyebabkan bagian atas kulkas terbakar atau gosong. 

5. Kipas kulkas

Kipas pada kulkas bagian atas berfungsi untuk meniupkan angin dingin ke seluruh bagian kulkas lainnya termasuk kulkas bagian bawah melalui jalur angin yang tersedia. Selain mati, kipas pada kulkas dapat berhenti beroperasi dikarenakan tersangkut atau terhalang benda lain sehingga dingin yang seharusnya disebarkan menjadi menumpuk di satu titik dan menghasilkan lapisan es tebal.

Selain mengganti komponen tersebut, ada baiknya anda menata isi kulkas anda terlebih dahulu. Tatalah peletakan isi kulkas anda sedemikian mungkin sehingga tidak menutupi lubang angin yang ada pada kulkas. Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara dingin pada kulkas menjadi lebih lancar dan kulkas anda dingin secara merata tanpa membebani kompresor melebihi kapasitasnya.

Jika anda mengalami masalah kulkas frozen seperti diatas, anda dapat menggunakan jasa service kulkas Jakarta Barat kami untuk perbaikan. Anda dapat menghubungi kami melalui :

TELEPON : 0819 0582 8683
WHATSAPP : 0819 0582 8683
LINE : 0819 0582 8683
ALAMAT : JL.H. ALIMUN NO 42C JAKARTA BARAT

kulkas frozen penyebab nya